Saturday, June 20, 2020

DESAIN DAN STRUKTUK ORGANISASI

Pengertian Fungsi Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian (organizing) dalam manajemen adalah proses mengatur tugas, wewenang dan tanggung jawab setiap individu dalam manajemen. Menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan.


Pengertian Desa Struktur dan Bagan Organisasi
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun organisasi yang merupakan suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan.
DESAIN ORGANISASI
Desain organisasi adalah pola tentang hubungan antara berbagai komponen dan bagian organisasi.
BAGAN ORGANISASI
Baggan organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan , dan bagan juga disebut dengan gambar rancangan, gambar denah, skema.

4 Pilar Utama Fungsi Pengorganisasian
1.    Pembagian kerja ( division of work )
2.    Pengelompokan pekerjaan ( departmentalization )
3.    Penentuan relasi antar bagian dalam organisasi ( hierarchy )
4.    Koordinasi ( coordination )

Departementalisasi
Departementalisasi merujuk kepada proses pengelompokkan aktivitas menjadi sejumlah departemen. Divisi tenaga kerja menghasilkan spesialis yang memerlukan koordinasi. Koordinasi ini difasilitasi dengan mengelompokkan para spesialis bersama-sama dalam sejumlah departemen.

Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.

No comments:

Post a Comment